Diberdayakan oleh Blogger.

Manfaat & Bahaya Konsumsi Dark Chocolate buat Ibu Hamil

Lagi ngidam coklat hitam nih, bahaya gak yah buat ibu hamil ? Jangan khawatir bunda, dark chocolate (coklat hitam) memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil bila dikonsumsi dalam porsi yang tepat. Hal ini dikemukakan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh Dr. Elizabeth W. Triche dari Yale University, menyebutkan :

Manfaat dan Bahaya Mengkonsumsi Dark Chocolate Bagi Ibu Hamil 


  • Mencegah Tekanan Darah Tinggi
Salah satu penyakit yang sering dan membahayakan ibu hamil yaitu tekanan darah tinggi, penyakit yang satu ini dapat membuat bayi lahir prematur. Oleh karena itu sangat disarankan ibu hamil untuk mengkonsumsi coklat dalam porsi tertentu untuk membantu menormalkan tekanan darah
  • Memiliki Banyak Sekali Kandungan Antioksidan
Kandungan antioksidan dapat kita temukan dengan mudah pada teh, dan coklat. Kandungan antioksidan di dalam coklat dapat membantu mencegah penyakit kanker dan penyakit kardiovaskular serta membantu mencegah resiko bayi lahir cacat.
  • Kaya Zat Besi dan Magnesium
Salah satu nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil yaitu zat besi dan magnesium yang semuanya terdapat di dalam cokelat. Zat tersebut dapat mempertahankan kadar hemoglobin darah dan metabolisme asam lemak.
  • Mengurangi Resiko Penyakit Jantung
Coklat dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung pada ibu hamil bila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.
  • Mengurangi Kadar Kolesterol di Dalam Tubuh
Meskipun cokelat sering disebut penyebab kegemukan, justru coklat hitam dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh asalkan jangan mengkonsumsi cokelat yang telah dicampuri susu dan memilih coklat yang kadar cocoa nya minimal 65%.
  • Mencegah Stress
Coklat dapat memunculkan perasaan rileks dan mengurangi stress. Tak heran cokelat menjadi kegemaran banyak orang.
Selain ada manfaatnya, tentu ada bahaya yang perlu diwaspadai sebelum mengkonsumsi coklat yaitu :
  • Dapat Meningkatkan Kegemukan
Coklat mengandung gula dan lemak yang sangat tinggi, oleh karena itu sangat rentan meningkatkan resiko diabetes, obesitas, dan sulit unutk melakukan persalinan.
  • Mengandung Kafein
Sama hal nya dengan kopi, coklat juga mengandung kafein, yang sewaktu-waktu dapat beresiko bayi cacat dan abnormal.
Sebenarnya bahaya tersebut dapat diminimalisir asalkan mengkonsumsi dalam batasan yang wakar kurang dari 200 gram per hari. Namun batasan konsumsi cokelat hitam pada ibu hamil berbeda-beda tergantung kondisi ibu hamil. SEMOGA BERMANFAAT

0 Responses to “Manfaat & Bahaya Konsumsi Dark Chocolate buat Ibu Hamil ”

Posting Komentar